Rabu, 21 Maret 2012

Inilah Aturan tentang Hak Pengasuhan Anak

Sabtu, 17 Maret 2012 07:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh: Yusuf Assidiq

Tak ada satu pasangan pun yang mengharapkan pernikahan mereka berakhir dengan perceraian. Namun, biduk rumah tangga, kerap kali berakhir dengan perceraian -- sesuatu yang halal, tetapi paling dibenci Allah SWT.  Meski begitu, angka perceraian di Tanah Air justru  menempati urutan pertama di kawasan Asia, mencapai 200 ribu kasus per tahunnya.

Perceraian kerap kali membawa konsekuensi yang sangat berat, yakni masalah anak-anak. Siapa yang berhak mengasuk anak,  ayah ataukah ibunya? Terkait masalah ini, Islam mengenal istilah hadlanah. Menurut Imam al-San'ani' hadlanah berarti memelihara seorang anak yang belum (atau tidak) bisa mandiri, mendidik dan memeliharanya untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa merusak dan mendatangkan mudharat.

Para ulama bersepakat, hak mengasuh anak yang belum akhil balig harus diutamakan kepada ibunya. Ini mengingat kaum wanita dianggap lebih memiliki jiwa keibuan, dibandingkan kaum lelaki. Ketentuan ini memiliki dasar hukum yang kuat yakni hadis Nabi SAW.

''Seorang perempuan berkata kepada Rasulullah, ''Wahai Rasulullah, anakku ini, aku yang mengandungnya, air susuku yang diminumnya, dam di bilikku tempat berkumpulmya bersamaku, ayahnya telah menceraikanku dan ingin memisahkannya dariku.''  Maka Rasulullah bersabda, ''Kamulah yang lebih berhak memeliharanya selama kamu tidak menikah.'' (HR Ahmad, Abu Dawud, dan al-Hakim mensahihkannya)

Zaitunah Subhan dalam bukunya bertajuk Fikih Perempuan, memaknai hadis ini sebagai ketentuan hukum dalam memberikan pengasuhan anak kepada ibu. Hadis ini juga menjadi dasar ketetapan dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) pasal 105 menyangkut hak pemeliharaan anak.

Meski begitu, seorang ayah juga tak lepas dari kewajiban untuk menanggung biaya pemeliharaannya. Tanggung jawab ayah tidak lantas hilang hanya karena terjadinya perceraian.  Zaitunah menggarisbawahi kelanjutan  hadis Rasulullah yang menekankan kalimat ''selama kamu tidak menikah.''

Sehingga, tutur Zaitunah, seandainya si ibu menikah kembali, hak pengasuhan bisa tak berlaku lagi.  Pemeliharaan anak pun dapat beralih kepada ayah. ''Alasannya, bila ibu menikah lagi, besar kemungkinan perhatiannya akan beralih kepada suaminya yang baru, sehingga pengasuhan yang diberikan jadi kurang maksimal,'' ungakpnya.

Ibrahim Muhammad al-Jamal berpendapat, hak asuh ayah sebenarnya tidak tertutup sama sekali. Ada kalanya, ayah justru lebih arif dan lebih tahu akan kebutuhan sang anak. Jadi hal itu bisa diatur, sekalipun anak tetap berada di sisi ibunya dan tetap dalam pemeliharaannya.

Hanya saja, menurut al-Jamal, pengasuhan terhadap anak yang masih kecil, sebaiknya tetap diprioritaskan kepada ibu. ''Pada hakikatnya, wanita manapun  sama dalam cintanya kepada anak, perhatian terhadap keselamatannya serta pembelaannya terhadap bahaya yang mengancam anak,'' papar  al-Jamal dalam bukunya berjudul Fikih Wanita.

Berbeda halnya apabila sang anak sudah mumayyiz (sudah berusia 12 tahun). Penentuan pengasuhan diserahkan kepada pilihan anak sendiri, apakah ingin bersama ayah atau ibunya.
Meski begitu, sebagian ulama berpandangan agar hakim sepatutnya tak begitu saja menyerahkan pilihan kepada anak.

Hakim pengadilan agama diminta untuk melakukan penelitian lebih dulu mana yang lebih bisa membawa maslahat bagi anak tersebut.  Jika hasil penelitian menunjukkan ibu lebih dapat dipercaya dalam memelihara anak, maka sebaiknya pengasuhan diberikan kepada ibu, atau sebaliknya.

''Dan hakim bisa mengabaikan pilihan anak demi kepentingannya di masa depan,'' ungkap Imam Asy-Syaukani. Sejatinya, Islam  mengatur pemeliharaan anak sedemikian rupa, karena menginginkan yang terbaik. Anak yang terlahir ke dunia sebagai titipan Allah SWT, harus dipelihara dengan sungguh-sungguh, baik oleh orangtua maupun kerabatnya.

Sementara bagi anak yang yatim piatu dan tidak pula memiliki kerabat, pemeliharaannya menjadi tanggungan negara. Menurut al-Jamal, pemerintah akan menunjuk siapapun yang cakap untuk memeliharanya. Sesungguhnya anak adalah titipan dan amanah dari Sang Khalik yang harus dijaga dan dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Sebuah perceraian tak boleh merugikan anak-anak, yang akan menjadi penerus di masa depan.


Syarat-syarat Mengasuh Anak

1. Baligh dan berakal
2. Mampu mendidik
3. Terpercaya dan berbudi luhur
4. Islam. Orang non-Muslim tidak bisa diserahi memelihara anak.
5. Tidak bersuami. Wanita yang sudah menikah lagi, maka gugurlah haknya untuk memelihara anak dari suaminya yang lama. (sumber: buku Fiqih Wanita)

Subhanallah, Alquran adalah Mukjizat yang Sesungguhnya

Minggu, 18 Maret 2012 10:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  Bentangan sejarah Islam yang dibangun para nabi dan rasul Allah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Berbagai keunggulan dan mukjizat para nabi itu mempertegas pesan ketauhidan yang mereka bawa pada kaumnya.
Guru besar sejarah kebudayaan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Muhammad Machasin, menyebutkan, mukjizat bukanlah esensi dari bukti kebenaran Islam. Menurutnya, mukjizat yang sesungguhnya adalah kitab yang diturunkan pada nabi akhir zaman, Muhammad SAW. Terkait hal itu, wartawan Republika, Devi Anggraini Oktavika, mewawancarainya belum lama ini. Berikut petikannya.

Apakah yang membedakan dakwah para nabi terdahulu dengan dakwah nabi yang diutus setelahnya?

Tidak ada yang berbeda. Mereka membawa pesan dan ajaran yang sama, yakni ketauhidan, bahwa tidak ada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Selain itu, mereka hanya dibedakan oleh tempat pengutusan dan kaum yang mereka dakwahi. Jika ingin menggarisbawahi perbedaan, yang perlu kita bandingkan bu kan nabi terdahulu dan nabi-nabi pada masa sesudahnya. Perbedaan yang sesungguhnya terlihat antara nabi-nabi terdahulu dan nabi yang diutus paling akhir, yakni Muhammad SAW.

Perbedaan apa itu?

Jika para nabi sebelum Muhammad hanya menyeru kaumnya pada Tuhan Yang Esa (Allah), Rasulullah SAW dihadapkan pula pada persoalan kemanusiaan yang mendalam. Saat itu, orang Arab terdiri atas dua strata; kaum pedagang yang kaya dan golongan hamba sahaya yang menjadi budak orang-orang kaya itu. Dari ayat-ayat Alquran kita ketahui bahwa Rasulullah berjuang memperbaiki falsafah hidup masyarakat saat itu; bahwa hidup adalah juga untuk kehidupan setelah kema tian dan hidup tidak saja untuk diri sendiri, tetapi juga untuk umat. Ajaran yang dibawa Rasulullah menyempurnakan ajaran-ajaran yang dibawa nabi-nabi yang diutus sebelumnya. Selain itu, beliau diutus bukan untuk kaum tertentu, melain kan untuk seluruh umat manusia. Itu perbedaannya.

Jika masyarakat pada masa itu tidak meyakini adanya kehidupan setelah kematian, mengapa mereka menuhankan berhala dan menyembahnya?

Mereka memang menyembah berhala-berhala, tetapi bukan sebagai wujud penyerahan diri pada kekuatan di atas diri mereka. Seperti orang pergi ke dukun pada masa sekarang, orang-orang pada masa itu mendatangi berhala untuk kepentingan mereka sendiri.

Seiring perjalanan sejarah, peradaban manusia terus mengalami perkembangan. Apakah itu berpengaruh pada proses dakwah para nabi?

Menurut saya, peradaban tidak banyak memengaruhi dakwah para nabi. Justru, dakwah Islamlah yang kemudian melahirkan peradaban yang tinggi. Banyak dari peninggalan peradaban itu yang dapat kita temukan. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua pendukung Islam pada masa-masa itu beragama Islam.

Bangsa-bangsa di wilayah Persia dan Romawi Timur, misalnya. Mereka menjadi pendukung Islam setelah bertemu dengan dakwah Islam, tetapi mereka tetap pada agama mereka.

Salah satu contoh yang paling pokok adalah peraturan semacam undang- undang syariah. Peraturan itu kan diberlakukan bagi semua masyarakat, tidak terkecuali mereka yang bukan penganut ajaran para nabi itu. Menurut saya, itu sekaligus menjadi bukti kreativitas Muslim dalam membangun kehidupan dan peradaban

Bagaimana dengan politik?

Sama saja. Terlibat dalam politik atau tidak, tugas pokok para nabi adalah untuk menyeru pada ketau hid an. Jika kita sedang menyimpulkan pengaruh politik bagi dakwah dengan melihat peran politis nabi sebagai pemimpin, kita perlu mempertimbangkannya dengan fakta lainnya.

Rasulullah berdakwah selama 23 tahun. Selama 13 tahun pertama, beliau berdakwah menyebarkan Islam sebagai penyempurna agama-agama sebelumnya. Beliau tidak menggunakan politik selain untuk berperang. Baru selama 10 tahun terakhir, Rasulullah berdakwah sambil berpolitik. Itu dikarenakan status beliau sebagai kepala negara, pemimpin, dan pemimpin umat.

Memang, kemudian sejarah menyebutkan bahwa dalam 10 tahun itu orang-orang masuk Islam secara berduyun-duyun. Hanya, apakah itu dikarenakan keberhasilan dakwah Rasulullah atau kewibawaan beliau sebagai pemimpin, itu belum bisa diketahui secara pasti. Perlu pene litian untuk menyimpulkannya.

Selain hal-hal yang dapat dibuktikan secara empiris, seperti peradaban dan sistem politik, para nabi dikaruniai mukjizat. Apa sesungguhnya pengertian dari mukjizat itu?

Jika dilihat dari asal katanya, yakni ‘ajaba, kata mukjizat berarti hal-hal yang membuat orang tidak dapat menyangkalnya. Merujuk pada pengertian ini, maka mukjizat yang sesungguhnya adalah Alquran, kitab yang diturunkan kepada Nabi Mu hammad SAW.

Namun, kemudian mukjizat juga dimaknai sebagai hal-hal yang luar biasa, yang tidak masuk akal. Seperti air yang memancar dari sela-sela jari, tongkat yang berubah menjadi ular, lautan yang terbelah, dan lain sebagainya. Semua mukjizat sebelum periode Nabi Muhammad tidak mudah dibuktikan.

Dari situ saya berpandangan bah wa mukjizat-mukjizat itu merupakan pesan-pesan simbolis yang tidak untuk diterima secara harfiah. Bukan mukji zatnya yang penting, melainkan pesan dan nilai yang terkandung di balik semua kisah-kisah luar biasa itu. Surah al-Isra’ ayat 90-93 menegaskan hal itu bahwa hanya argumen yang tidak terbantahkan (Alquran)-lah yang membuat orang-orang menerima Islam.

Resep Ikan: Sambal Jeruk Teri

Odilia Winneke - detikFood

Jakarta - Jika semangat untuk santap sahur agak kendur, cobalah sajikan sambal teri yang renyah ini. Gigitan pedas cabai dan rasa asam segar jeruk limau dijamin bikin santapan jadi makin mantap.

Bahan:
100 g teri jengki tawar kering
75 g kacang tanah, goreng
3 sdm minyak sayur
1 sdm air jeruk limau
1 lembar daun jeruk purut, iris halus
Haluskan:
3 buah cabai merah besar, buang bijinya, rebus
3 buah cabai rawit merah, rebus
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
½ sdt terasi goreng
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
Taburan, goreng:
1 buah cabai merah, buang bijinya, iris halus
1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus

Cara membuat:

  • Cuci ikan teri kering, buang kepalanya, tiriskan.
  • Goreng dalam minyak panas hingga kering. Tiriskan.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.
  • Tambahkan air jeruk dan daun jeruk, aduk rata.
  • Masukkan teri dan kacang tanah, aduk hingga rata. Angkat.
  • Beri bahan Taburan. Sajikan.
Untuk 6 orang

Berkunjung ke Kafe Muslim Tertua

Selasa, 20 Maret 2012 12:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kafe sejatinya bukan barang baru dalam Islam. Namun, kafe Islam tentu berbeda dengan bentuk umumnya. Kafe ini tidak menyediakan miras, melainkan teh dan kopi sebagai minuman utama.

Kafe Al-Fishawy adalah salah satunya. Kafe yang diberi nama sesuai pemiliknya ini sudah berusia 240 tahun. Kafe ini terletak di lembah Kairo distrik Khan al-Khalili. Jam operasi kafe ini adalah seusai sholat ashar.

Kafe ini berawal dari kebiasaan Al-fishawy menjamu teman-temannya seusai ashar dan menjelang maghrib. Kebiasaan ini menjadi usaha yang bertambah besar, dan dinamai Qahwat Al-Fishawy. Secara beratahap kafe ini menambah anise tea dan mint tea pada daftar menunya.

Identitas Mesir tidak dilupakan. Hal ini terlihat pada cara penyajian hidangan. "Kami adalah kafe yang tidak melupakan akarnya. Hal ini justru membedakan kami dengan yang lain. Al-Fishawy mempresentasikan Mesir dengan kemodernan sekarang," kata Akram al-Fishawy. Akram adalah salah satu pemilik kafe generasi ketujuh.

Kafe ini juga jauh dari kesan tersembunyi dan remang-remang. Al-fishawy terletak di samping pasar Khan Al-Khalili yang berdiri sejak abad 14. Kafe juga diapit masjid bersejarah Sayyidna al-Husayn ibn 'Ali Mosque. Tidak jauh dari kafe berdiri universitas Al-Azhar. Biasanya para jama'ah masjid mampir ke Al-Fishawy seusai ashar.

Sabtu, 17 Maret 2012

Karzai Murka, Tentara NATO Didesak Tinggalkan Desa Afghanistan

Jumat, 16 Maret 2012 10:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  KABUL -- Presiden Afghanistan, Hamid Karzai mendesak tentara NATO agar meninggalkan semua desa Afghanistan dan berkumpul di barak utama mereka setelah pembantaian 16 warg sipil oleh seorang prajurit AS.

Seruan presiden Afghanistan tersebut mempertegas kemarahan akibat pembantian itu dan membuat keruh rencana AS untuk meninggalkan negeri itu. Pada saat yang hampir bersamaan, Taliban Afghanistan mengumumkan faksi santri tersebut menghentikan pembicaraan perdamaian dengan Amerika Serikat.

Pembicaraan itu dipandang sebagai kesempatan baik guna mengakhiri konflik selama satu dasawarsa di negeri tersebut. Taliban menuding sikap AS yang tak jelas sebagai penyebab semua peristiwa itu.

Karzai, di dalam pernyataan setelah pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta di ibu kota Afghanistan, Kabul, mengatakan sebagai konsekuensi dari pembantaian akhir pekan tersebut, pasukan keamanan internasional harus dikeluarkan dari pos terdepan desa Afghanistan dan kembali ke barak yang lebih besar.

Tentara yang diduga melakukan penembakan itu berasal dari kompleks pasukan khusus yang seupa dengan kompleks lain di seluruh negeri yang mendukung strategi anti-perlawanan oleh NATO sebelum tenggar 2014 bagi penarikan pasukan tempur Barat.

Peristiwa tersebut telah merusak hubungan antara Afghanistan dan Amerika Serikat dan semua upaya harus dilakukan guna menghindari kejadian serupa pada masa depan, kata Karzai.

Sumber: antara

2014, Seluruh Tentara AS akan Ditarik dari Afghanistan

Sabtu, 17 Maret 2012 06:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Presiden AS Barack Obama dan mitranya dari Afghanistan, Hamid Karzai, mengukuhkan komitmen mereka Jumat bahwa pasukan AS akan meninggalkan Afghanistan pada akhir 2014, meski ada seruan agar penarikan lebih cepat.

Kedua pemimpin tersebut berbicara melalui telepon dan menegaskan lagi bahwa mereka tetap akan melaksanakan jadwal yang telah disepakati "dimana pasukan Afghanistan akan menyelesaikan proses peralihan dan memikul tanggung jawab penuh atas keamanan di seluruh negara itu pada akhir 2014," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.
Karzai, dalam pembicaraan Kamis dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, menekankan bahwa pasukan internasional harus meninggalkan pedesaan Afghanistan dan "ditempatkan lagi di pangkalan-pangkalan mereka", dan Afghanistan siap melaksanakan tanggung jawab pengamanan.
Karzai tidak memberikan kerangka waktu dan hanya mengatakan, NATO harus menyerahkan tanggung jawab kepada pasukan Afghanistan pada 2013.
Dalam pembicaraan telepon, Obama memahami kekhawatiran Karzai terkait serangan-serangan pada malam hari, dan kedua pemimpin tersebut mengatakan bahwa mereka akan membahas keluhan mengenai aksi pasukan NATO di daerah-daerah pedesaan.
Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan, mereka membahas kekhawatiran Karzai yang telah berlangsung lama mengenai serangan-serangn malam hari dan penggerebekan rumah oleh pasukan NATO, dan mereka akan menyimpulkan pembahasan itu dalam nota kesepahaman untuk mengatasi kekhawatiran tersebut.
"Mereka juga setuju membahas kekhawatiran Presiden Karzai mengenai keberadaan pasukan asing di pedesaan," kata Carney, yang menyampaikan hal itu kepada wartawan di pesawat Air Force One yang membawa Obama menuju Chicago.
Konflik meningkat di Afghanistan dengan jumlah kematian sipil dan militer mencapai tingkat tertinggi tahun lalu ketika kekerasan yang dikobarkan Taliban meluas dari wilayah tradisional di selatan dan timur ke daerah-daerah barat dan utara yang dulu stabil.
Jumlah warga sipil yang tewas meningkat secara tetap dalam lima tahun terakhir, dan pada 2011 jumlah kematian sipil mencapai 3.021, menurut data PBB.

Sumber: Antara
Jumat, 16/03/2012 15:00 WIB

Pria Inggris Anggap Masakan Ibu Lebih Enak Dibanding Istri

Fitria Rahmadianti - detikFood

Jakarta - Apakah suami sering mengeluhkan masakan yang Anda buat? Bisa jadi ia sedang membanding-bandingkan masakan Anda dengan bikinan ibunya. Berarti, ia seperti sebagian besar pria Inggris yang berpendapat masakan ibunya lebih enak.

Food Network, channel TV di Inggris yang membahas tentang makanan, baru-baru ini mengadakan polling. Dari sinilah, alasan pria sering kurang puas terhadap makanan buatan pasangannya, terungkap. Salah satunya adalah karena mereka merasa masakan sang ibu lebih enak dibanding kreasi isteri atau pacarnya (55%).

Mengapa begitu? Sepertiga partisipan menganggap ibunya lebih serius dalam memasak. Selain menghabiskan waktu lebih lama, sang ibu juga dipandang lebih telaten. Dari 2,000 orang yang mengikuti polling ini, sekitar 600 responden mengeluh pasangan mereka lebih sering mengolah makanan siap masak atau siap saji.

Karena itulah, para lelaki sering menjadikan masakan ibunya sebagai standar. Sebanyak 47% orang merasa makanan yang dibuat pasangannya tidak setara dengan bikinan ibu. Satu dari 10 pria mengaku rajin berkeluh kesah karena santapan mereka di bawah standar. Tak heran, 75% partisipan mengaku sering bertengkar dengan pasangannya gara-gara hal ini.

Menurut Nick Thorogood dari Food Network, pria mencari kenyamanan dalam makanan yang telah mereka santap sejak kecil. “Mereka menganggap masakan ibulah yang paling layak,” jelas Nick, seperti dikutip dari Daily Mail. Nick berasumsi bahwa resep-resep terbaik Inggris diwariskan dari ibu.

Bahkan, demi merasakan makan malam bikinan bunda, 27% pria Inggris diam-diam pulang ke rumah ibu tanpa diketahui pasangannya. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Dan White, pekerja bar di London.

“Pacar saya mencoba memasak makan malam yang lezat, tapi tetap saja tidak seenak masakan ibu. Saya sendiri sering pulang ke rumah, lalu ibu menyiapkan bekal untuk saya bawa,” kata pria berumur 29 tahun ini.

Iran: AS adalah Ancaman Sesungguhnya

Sabtu, 17 Maret 2012 11:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi menyatakan meski retorika perang Tel Aviv terhadap Iran meningkat, akan tetapi Israel terlalu lemah untuk dapat bertahan satu pekan dalam perang yang sesungguhnya.

Dalam wawancaranya dengan televisi Denmark TV2, Salehi mengungkapkan,"Pertama-tama, kita menganggap serius ancaman sekecil apapun bahkan jika berasal dari negara paling lemah di dunia."
Namun Salehi menegaskan bahwa Iran tidak menganggap klaim atau ancaman Israel itu sebagai ancaman serius.
Menteri luar negeri Iran lebih lanjut menandaskan bahwa jika Israel benar-benar memutuskan untuk menyerang fasilitas nuklir Iran, maka balasan Teheran akan berupaya sebuah kekuatan penuh.
 "Jika Israel berbuat kesalahan [menyerang situs nuklir Iran], maka hal itu akan menjadi penghitung mundur kehancuran Israel. Mereka mengetahui itu dengan baik .... Kami tidak menganggap Israel sebagai sebuah negara. Israel adalah entitas, kepanjangan tangan AS di Timur Tengah. Jadi, ancaman sesungguhnya adalah AS, "katanya.

Sumber: IRIB/IRNA

'Palestina Harus Jadi Simbol Kemerdekaan'

Minggu, 18 Maret 2012 07:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Nashih Nashrullah/Laporan dari Teheran

Tim relawan Global March to Jerussalem GMJ (GMJ) dari berbagai negara, Sabtu (17) mendapat kehormatan bersilaturahim dengan Dewan Parlemen Iran. Rombongan berangkat setelah berorasi dan menggelar seremoni dengan pengibaran bendera dan pelepasan burung merpati, sebagai tanda kebebasan Palestina di Monumen Nasional Azadi Square. Mereka menyusuri jalan protokol Teheran menggunakan tiga bus besar menuju gedung Dewan yang beralamat di Baharestan Square.

Gedung Dewan Parlemen Negeri Para Mullah tak terlalu mewah. Jauh lebih megah Gedung DPR-RI di Senayan. Tetapi, protokol yang diberlakukan ketat. Para peserta tidak diperkenankan membawa ponsel dan kamera. Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dewan Parlemen Iran, Ali Larijani dengan sejumlah anggota dewan, antaralain tampak Ghafouri Fard. 

Dalam pidatonya, Ali Larijani menyatakan dukungannya penuh terhadap GMJ. Gerakan semacam ini menciptakan harapan bagi keberhasilan perjuangan kemerdekaan Palestina.

Menurutnya, Umat Islam harus mempertahankan kesucian Tanah Aqsa. Karenanya, kemerdekaan Palestina adalah tujuan utama. Bahkan, Palestina harus menjadi tolak ukur bagi makna sebuah kebebasan dari penindasan bangsa lain. “Palestina harus jadi simbol kemerdekaan,”katanya.

Ia mengatakan, Israel kini berupaya keras merebut Tanah Palestina sepenuhnya dari penduduk asli. Bangsa Zionis itu hendak menghapus sejarah entitas selain Yahudi di negara tersebut. Mereka hendak menjadikan Baitul Maqdis, sebagai ibukota abadi bagi negara Zionis.

Tak hanya itu, mereka mempersulit warga Gaza  dengan melancarkan berbagai serangan. Brutalitas dan arogansi ini jelas bertentangan dengan prinsip kemanusiaan. “Tiap manusia punya hak hidup merdeka,” katanya.

Ia menyayangkan sikap sebagian negara Muslim yang terkesan tak peduli dengan isu Palestina. Padahal, ia meyakini, dengan bersatu, maka Al-Aqsha bisa kembali ke pangkuan Islam.

Tokoh berpengaruh dan pernah menjabat sebagai negoisator nuklir itu juga mengkritik sikap tidak konsisten Amerika Serikat. Negara adikuasa itu, kerap mendeklarasikan sebagai pengusung kemanusiaan dan pejuang hak asasi manusia. Tetapi, dunia internasional sudah tahu wajah asli negara Paman Sam tersebut. AS terbukti melanggar komitmennya. Hal ini terbukti dengan berbagai kasus pelanggaran ham di Irak dan Afghanistan.

Terakhir kali, ialah kasus pembakaran Alquran di Afghanistan yang menyulut protes berkepanjangan Muslimin di berbagai negara. Di Afghanistan sendiri gelombang penolakan dan ketegangan memuncak kembali pascainsiden tak pantas tersebut 

Ia menambahkan, kini Barat menyaksikan kebangkitan Islam di semenanjung Arab. Strategi Barat pasca perang dunia kedua dengan menciptakan diktator untuk menekan gerakan Islam, terbukti gagal. Diktator bertumbangan, dan masyarakat mayoritas lebih memilih partai-partai Islam di pemilu. “Ini adalah gejala positif untuk satukan barisan dukung Palestina,”katanya

Ghafouri Fard mengatakan Negara Iran mendukung Palestina merebut kemerdekaannya kembali. Pemimpin Revolusi Iran pertama, Ayatullah Komeini, selalu dekat dengan Palestina. Bagi, tokoh revolusioner itu, siapapun yang menyatakan perlawanan terhadap Israel, adalah teman bagi Iran.

Segenap warga Iran dan masyarakat Muslim dunia, menginginkan warga Palestina menghuni kembali Tanah Kelahiran mereka. “Tak ada lagi tempat buat apartaid rasisme,” katanya menegaskan.

Hikmah: Kasih Sayang Rosulullah

Bismillahirrahmaanirrahiim

Kasih sayang Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam terhadap hewan, tergambar pada hadits-hadits berikut :

::::... 1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memiringkan bejana untuk seekor kucing sehingga kucing tersebut bisa minum air darinya. Kemudian beliau berwudhu dengan sisanya. (HR. Ath-Thabrani dengan sanad shahih.)


::::... 2. Dari Suhail bin Hanzhaliyah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melewati unta yang kurus, lalu beliau bersabda, “Bertaqwalah kepada Allah dari unta ini, dan kendarailah dengan baik serta beri makan yang baik”. (HR. Abu Dawud dan dihasankan oleh Al-Arnauth).


::::... 3. Dari ‘Abdullah dari bapaknya, beliau berkata, “Dahulu kami bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam safar, lalu beliau berpaling sebentar untuk suatu hajat, kami melihat Humarah (burung berwarna merah) bersama dua anaknya. Kami pun mengambil dua anak tersebut dan datanglah induknya dengan kebingungan (mengepak-epak sayapnya). Tatkala itu datang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan bersabda, “Siapa yang menyakiti burung ini? Kembalikan anaknya ini pada burung ini”.

Dan ketika beliau melihat sekumpulan semut yang kami bakar sarangnya, beliau bersabda, “Siapa yang telah membakar ini?” Kami menjawab, “Kami (yang telah membakarnya)”. Beliau bersabda, “Tidak sepantasnya mengadzab dengan api melainkan Rabbun Nar (yaitu Allah ta’ala)”. (HR. Ahmad dan selainnya dan dishahihkan oleh Al-Arnauth).


::::... 4. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menetapkan ihsan (kebaikan) atas segala sesuatu, maka jika kalian membunuh, maka perbaguslah dalam membunuhnya, dan jika menyembelih, maka perbaguslah sembelihannya, dan hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan sesembelihannya”. (HR. Muslim).


::::... 5. Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melewati seseorang yang menginjakkan kakinya di atas lambung seekor kambing sambil menajamkan pisaunya dan diperlihatkan di depan mata kambing itu. Beliau bersabda, “Apakah kamu ingin membunuhnya dengan dua kematian? Tidakkah kamu tajamkan pisaumu sebelum kamu merebahkannya?” (HR. Al-Hakim dan beliau berkata hadits ini shahih atas syarat shahih Al-Bukhari dan Muslim, dan disepakati pula oleh Adz-Dzahabi)


::::... 6. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seorang wanita telah diazab karena mengurung seekor kucing sampai mati dan dia dimasukkan dalam neraka, karena dia tidak memberi makan dan minum ketika mengurungnya dan tidak pula dia melepaskannya sehingga bisa makan serangga”. (HR. Al Bukhari)

***


::::::... Abu Hurairah

Abu Hurairah adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist Nabi Shallallahu alaihi wassalam , ia meriwayatkan hadist sebanyak 5.374 hadist.

Abu Hurairah memeluk Islam pada tahun 7 H, tahun terjadinya perang Khibar, Rasulullah sendirilah yang memberi julukan “Abu Hurairah (bapak kucing”, ketika beliau sedang melihatnya membawa seekor kucing kecil. Julukan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam itu semata karena kecintaan beliau kepadanya.

Allah Subhanahu wa ta’ala mengabulkan doa Rasulullah agar Abu Hurairah dianugrahi hapalan yang kuat. Ia memang paling banyak hapalannya diantara para sahabat lainnya.

Subhanallah ^_^

From Halal-kan Aku Ayah

Jika Muslimin Bersatu, Al-Aqsa Bisa Kembali ke Pangkuan

Minggu, 18 Maret 2012 06:25 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Oleh:  Nashih Nashrullah/Laporan langsung dari Teheran

Tim Global March to Jerussalem (GMJ) asal Indonesia sudah tiba di Iran.  Berbeda dengan pemberhentian sebelumnya, Karachi, Pakistan, peserta mendapat sambutan luar biasa di negeri para mullah, Iran. Siang hari, Kamis (15/3) setelah melewati Pos Imigrasi Taftan, Balochistan, Pakistan, dengan berjalan kaki, tim menuju pos imigrasi Mirjaveh, Iran. Di lokasi yang sama, tim gabungan GMJ dari berbagai negara membaur dengan peserta lokal, untuk berorasi.

Peserta meneriakkan yel-yel, kecaman terhadap perebutan Israel atas tanah Palestina. Setelah berorasi, seluruh delegasi bergerak menuju Zahedan. Jarak tempuh Mirjaveh, ke pusat kota terdekat Iran dengan Pakistan itu mencapai 1,5 jam setengah. Tim mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Di sepanjang jalan, warga dengan panitia setempat melakukan pawai dan iring-iringan kendaraan bermotor menuju pusat kota.

Tujuan kali pertama adalah University of Sistan and Baluchestan, sebuah universitas ternama di pusat kota Zahedan. Para petinggi kampus menyambut rombongan. Mereka menyatakan dukungan atas gerakan GMJ. Di lokasi ini, para peserta menyantap makan siang sekaligus sarapan pagi yang terlewatkan.

Setelah itu, pada pukul 14.30 waktu setempat, tim kembali bergerak menuju kota Qom. Jarak dari Zaheda ke Qom, hampir sama dengan jarak Karachi-Taftan, yaitu 1096 km. Tim mendapat pengawalan polisi menyusuri daratan Iran. Kondisi alam, tak jauh berbeda dengan Pakistan. Kanan kiri jalan, terbentang padang pasir nan luas dan perbukitan cadas. Tim melintas kota Kerman dan Yazd. Tiba di Kerman, saat pelaksanaan shalat shubuh. Tim melakukan shalat subuh di Masjid Abu Al Fadl, Kerman.

Setelah menempuh 24 jam perjalanan, Jumat (16/3), para rombongan tiba di Qom. Di kota ini, kami kembali mendapat sambutan meriah. Di sepanjang jalan protokol kota, masyarakat membuat pawai dengan membawa beragam slogan dan lengkap dengan bendera Palestina dan Iran. Grup drum band juga sedia dengan membawakan lagu selamat datang. Di kota ini, rombongan diterima secara resmi di Universitas Qom, Ayatullah Khomaeni. Dalam kesempatan tersebut, Anggota Dewan Ahli Pusat untuk wilayah Qom, Ayatullah Ka’bi, menyatakan dukungannya terhadap GMJ.

Menurutnya, gerakan lintas agama, multisuku, bangsa, dan negara ini menunjukkan bahwa dunia internasional sadar akan ketidakadilan dan penindasan Israel. Mereka tak bisa dibohongi dengan segala bentuk kamuflase dan propaganda Zionis. Karenanya, gerakan semacam ini akan berdampak positif menekan Israel. Apalagi, bila ditambah dengan persatuan dan kesatuan internal umat Islam. “Jika Muslimin bersatu, maka Al Aqsa bisa kembali ke pangkuan,”katanya.

Usai mengikuti acara penyambutan yang dihadiri oleh para mahasiswa dan petinggi kampus tersebut, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Tehran, tempat singgah sementara di Iran. Jarak antara Qom ke Teheran, yaitu sekitar 80 km dengan waktu tempuh tiga jam. Di Ibukota Iran tersebut, GMJ yang berangkat dari Karachi Pakistan, bertemu dengan relawan dari negara lainnya seperti Azarbeijan, Bahrain, Turki, dan Afghanistan.

Hikmah: Jika Aku Jatuh Cinta

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ya Allah, jika aku jatuh cinta,
cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu,
agar bertambah kekuatan ku untuk mencintai-Mu.

Ya Muhaimin, jika aku jatuh cinta,
jagalah cintaku padanya agar tidak melebihi cintaku pada-Mu

Ya Allah, jika aku jatuh hati,
izinkanlah aku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut pada-Mu,
agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta semu.

Ya Rabbana, jika aku jatuh hati,
jagalah hatiku padanya agar tidak berpaling pada hati-Mu.

Ya Rabbul Izzati, jika aku rindu,
rindukanlah aku pada seseorang yang merindui syahid di jalan-Mu.

Ya Allah, jika aku rindu,
jagalah rinduku padanya agar tidak lalai aku merindukan syurga-Mu.

Ya Allah, jika aku menikmati cinta kekasih-Mu,
janganlah kenikmatan itu melebihi kenikmatan indahnya bermunajat di sepertiga malam terakhirmu.

Ya Allah, jika aku jatuh hati pada kekasih-Mu,
jangan biarkan aku tertatih dan terjatuh dalam perjalanan panjang menyeru manusia kepada-Mu.

Ya Allah, jika Kau halalkan aku merindui kekasih-Mu,
jangan biarkan aku melampaui batas sehingga melupakan aku pada cinta hakiki dan rindu abadi hanya kepada-Mu.

AAmiin

.
From Halal-kan Aku Ayah page

Humor: Pedagang yang Unik

Bismillahirrahmaanirrahiim

<♥> PEDAGANG YANG UNIK <♥>

(¯`♡ Pedagang TAK BISA DITAWAR adalah tukang roti..., promosinya roti tawar tapi engga bisa ditawar...

(¯`♡ Pedagang yang PALING NEKAD tukang gas ...,udah tau jalanan menurun masih aja bilang gas' gas' bukan rem' rem' ...

(¯`♡ Pedagang yang KURANG KERJAAN..., tukang nasi goreng ..., nasi udah mateng masih aja digoreng...

(¯`♡ Pedagang yang TAK KENAL KATA MENYESAL..., itu tukang bubur, nasi udah jadi bubur masih dijual juga...

(¯`♡ Pedagang yang PALING ANEH pedagang ikan, ikan mati dibilang segar...

(¯`♡ Pedagang PALING BODOH, tukang cetak foto. Ditanyain 3X4 berapa, dia jawab 500

MeT Malam Sahabatz Met Rehat Semuanya.. Smoga apa yg qt lakukan har ini bernilai Ibadah & mendapat penilaian Istimewa dari ALLAH Subhanahu wata’ala..

❥ ✫✫ ..¸.•°*”˜˜”*°•. ƸӜƷ
❥ ✫ .¸.•°*”˜˜”*°•. ƸӜƷ
❥ ..•°*”˜˜”*°•. ƸӜƷ
by Titian Pelangi

^_^

Cerpen: Namaku Edelweiss

Bismillahirrahmaanirrahiim


"Namaku Edelweiss alias Anaphalis javanica. Biasanya aku tumbuh di dataran tinggi atau puncak-puncak gunung. Oleh kalangan Botani, aku sering disebut tanaman sejenis perdu, dan termasuk anggota famili Compositae atau disebut juga Asteraceae (sembung-sembungan).

Bungaku kecil sebesar bunga rumput, orang lebih mengenalku dengan warna putih daripada warna lainnya. Hidupku berge rombolan di ujung dahan dengan harum yang khas. Tinggi batangku dapat mencapai 5 meter dengan daun-daun runcing dan lurus. Bungaku istimewa, tak pernah layu, mekarku abadi, sehingga aku dijuluki “bunga abadi”. Sungguh julukan inilah yang menjadi ‘beban’ bagiku, karena banyak orang menyalahgunakan ‘arti’ keabadianku selama ini! Keabadianku mereka sama kan dengan ‘cinta abadi’, cinta sepasang manusia yang tidak memiliki ikatan resmi. Ah…. Apalah arti protesku? Tho’ siapa yang peduli dengan rintihanku?

* * *


Aku berada di kamar Rieska. Tersusun rapi di atas lemari belajarnya. Disampingku ada diktat kuliah, novel, majalah remaja dan…. Bunga-bunga koleksi Rieska! Tepatnya sengaja disimpan Rieska. Yap! Untuk mengenang siapa yang memberikannya! Aku memang lebih beruntung dari bunga Mawar yang menjadi pendatang baru di kamar ini. Wajahnya pucat karena air di dalam vas tersebut tak pernah diganti oleh Rieska. Sama halnya dengan nasib Suplir yang telah mengering menjadi pembatas buku, lengkap dengan spora yang masih menempel ditubuhnya, dan Anggrek yang merana karena sebagian kelopak bunganya telah mengering.

Ya…. diantara bunga-bunga milik Rieska, ternyata aku memang diperlakukan ‘istimewa’ oleh majikanku, Rieska! Aku ditaruh di dalam kotak berwarna biru muda, berlapiskan plastik transparant. Aku sangat senang dengan perlakuan baik Rieska, tapi…. aku sangat resah dengan label hitam yang bertuliskan “Cinta Abadi” yang melekat manis di atas plastik kotak ini.

* * *


“Kamu beruntung yah, Weis, tempatmu empuk,” komentar Mawar suatu hari saat Rieska sudah pergi kuliah.

“Iya…. Weis, kamu nggak perlu ganti-ganti air sepertiku!” ujar Anggrek sedih.
“Ah…. Kalian bisa aja!” ujarku pelan.

“Tapi…. Benar kan memang kamu anak emas-nya Rieska! Apa karena kamunya pemberian Ari pacar Rieska si anak gunung itu?” kali ini suara Suplir dari balik buku angkat bicara. Ya… aku memang pemberian Ari Jaya Saputra kekasih Rieska. Ari mengambilku ketika dia mendaki gunung Ciremai, Jawa Barat. Aku diberikan kepada Rieska tepat ketika Rieska ultah yang ke-22 tahun, tepatnya enam bulan yang lalu.

“Ah…. Itukan pikiran kalian saja kalo aku bahagia ada di sini, sebenarnya aku nggak terlalu bahagia kok tinggal di sini!” ujarku.

“Kok bisa? Mengapa?” tanya Mawar keheranan.

“Nggak bahagia gimana? Diperlakukan istimewa kok nggak senang, nggak bersyukur kamu!” suara Anggrek ketus.

“Weiss…, seharusnya kamu bersyukur dengan keadaanmu saat ini, jangan belagu deh pura-pura nggak senang” timbal Suplir.

“Maksudku…. aku bersyukur kok Rieska menjagaku dengan baik di sini, tapi…. yang membuat aku sedih Rieska selalu beranggapan kalo kesegaran bungaku yang abadi menjadi simbol keabadian cinta Ari padanya, padahal…..”

“Padahal apa? Maksud kamu apa sih? Aku jadi nggak ngerti!” suara Suplir terdengar pelan memotong pembicaraanku. Tampaknya susah payah ia berbicara dibalik lembaran buku dairy Rieska .

“Iya… nih Weis, maksud kamu itu apa?” tanya Mawar lagi. Aku berusaha menjelaskan kepada mereka, tentu saja dengan bahasa kami kaum bunga-bungaan.

“Aku ingin sekali Rieska menyadari keberadaan kita. Rieska seharusnya berpikir ada apa dibalik kekuasaan Allah yang telah menciptakan kita. Mereka seharusnya menjaga kita dengan baik, bukankah mereka diciptakan Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi ini? Manusia seharusnya menyayangi dan merawat kita. Mereka seharusnya berfikir coba kalo nggak ada Mawar, Anggrek, Suplir atau bunga lainnya bagaimana? Dunia pasti suram tanpa penyejuk mata. Beda kalo ada kita, mereka akan merasa senang dan tentram bila memandang si Mawar yang sedang mekar, Suplir yang segar, atau Anggrek yang ….dan seharusnya manusia yang melihat ‘keabadianku’ sebagai contoh bagaimana mengabadikan hatinya sebagai rasa syukur ke hadirat Illahi” suaraku pelan, mataku mulai berkaca-kaca menahan air mata yang hampir tertumpah.


“Kamu benar Weis, seharusnya manusia memang balajar dari fenomena alam, seperti kita! Lihat bungaku, berwarna merah menawan, wangi semerbak. Allah sengaja menciptakan duri-duri kecil dibatangku untuk menjaga kehormatanku dari serangan makhluk yang jahil, agar tidak mudah dipetik begitu saja. Kamu juga kan Weis, hidup ditepi jurang, sehingga diperlukan perjuangan bagi siapa yang ingin memetikmu. Ah… seharusnya manusia menyadari hal itu, mencontoh kita! Indah tapi tak mudah diraih! Berbeda dengan manusia, coba saja lihat kaum wanitanya? Masih banyak diantara mereka yang belum menyadari betapa pentingnya menjaga kehormatan diri, mereka dengan mudahnya dipegang sembarang orang, pake’ wangi-wangian yang merangsang syahwat lelaki, berbicara dengan suara yang mendesah, dan bangga mengubar aurat mereka. Sebenarnya mereka tahu nggak sih kalo prilaku seperti itu dosa?” ujar Mawar prihatin.

“Kok kamu tahu banget,War perubahan manusia begitu?” tanyaku heran pada Mawar.

“Jelas dong aku tahu, aku kan pernah tinggal di taman depan rumah Asep, teman kuliah Rieska, sehingga setiap hari aku bisa melihat dunia di luar sana” jelas Mawar.

“Ah sudahlah… sekarang emang zaman edan, yang pria berjas rapi menutup seluruh aurat, eh… wanitanya berpakaian seksi minim bahan, apa itu namanya nggak kebalik dunia sekarang?” sahut Suplir yang dulunya tinggal di teras depan rumah Bayu pacar Rieska yang ketiga.

“Eh.. iya juga yah, kemarin malam aku dengar di TV kalo aborsi semakin merajalela, koran-koran berbau porno semakin meluas, kemana sih hati nurani mereka?” suara Aggrek pelan. Anggrek memang pernah dibawah Rieska ke ruang keluarga dekat TV. Semua terdiam dengan pikiran masing-masing, mereka berdzikir memuji asma Allah.

* * *


“Ari…… ada yang ingin ku katakan” terdengar suara Rieska di ruang tamu. Malam ini hanya mereka berdua yang ada di rumah, mama dan papa serta kedua orang kakaknya Rina dan adiknya Shanty pergi ke pesta pernikahan relasi papanya.

“Ada apa?” tanya Ari, mereka berdua duduk di sofa.
“Aku…aku …. Telat tiga minggu!Aku…ha…mil, Ari!”
“Hah? Kamu…hamil?” tanya ari keheranan, ini diluar dugaannya.

“Iya, kita harus segera menikah, Ari! Aku takut papa dan mama akan marah!” ujar Rieska gusar.
“Tidak! Aku tidak mau menikah sekarang! Kamu harus mengugurkan kandunganmu!”
“Ari! Aku nggak mau, ini anak kita! Kamu harus bertanggungjawab!” teriak Rieska bercampur tangis.
“Nggak, aku nggak mau, mungkin saja itu anakmu dengan pacar kamu yang lain!” cibir Ari.

“Ari… teganya kamu ngomong begitu, ini anak kamu Ari! Anak kita!”
“Pokoknya tidak! Kamu harus mengugurkannya, harus, titik!”
“Tidak! Aku nggak mau!
“Harus!” paksa Ari menarik tangan Rieska dengan keras.Tangis Rieska semakin kencang.

* * *


“Ari jelek! Lelaki brengsek!” teriak Rieska ketika masuk ke kamar. Ia menghembaskan tubuh mungilnya ke atas kasur empuk disertai suara pintu dibanting dengan keras. “Ada apa yah?” batinku bertanya penasaran.

“Hu….hu…., katanya cinta, katanya sayang, buktinya? Kamu jahat!” teriak Rieska lagi, semakin keras terdengar. Rieska menangis, air matanya menetes memasahi kemeja kotak-kotaknya.

“Eh… kawan-kawan, Rieska kenapa yah?” tanyaku pada Mawar, Anggreka dan Suplir.

“Nggak tahu, tidak seperti biasanya yah? Mungkin… Rieska ribut dengan Ari, atau berantem ama papa atau mamanya” tebak Anggrek.

“Ari…. Ka..mu…kejam! Ngakunya setia, cinta setengah mati, setia sampai akhir zaman, tapi mana? Kamu …. Hu….hu… Cinta? Ah… Ari … ngaku cinta abadi? Tapi apa yang kamu lakukan? Kamu pergi meninggalkanku dalam keadaan begini, kamu lelaki tak bertanggungjawab! Apa yang harus aku katakan pada mama dan papa?” tangis Rieska semakin keras terdengar. Rieska bingung harus bagaimana.

Tiba-tiba. Rieska berjalan dengan tergesa menuju meja belajarnya, meraih kotak mungil yang disimpannya dengan penuh kasih sayang selama ini.

“Percuma kamu berikan aku dulu bunga Edelweiss kalo cintamu bukan cinta abadi, tapi cinta murahan! Ngakunya cinta, tapi mengapa kamu tinggalkan aku dalam keadaan begini?” tangis Rieska sambil membuka kotak mungil itu lalu membuang seluruh bunga Edelweiss ke dalam tempat sampah yang berada tepat di samping meja belajar. Melihat pristiwa tersebut, bunga lainnya, Mawar, Suplir dan Anggrek menjerit histeris!

“Ja……ngan……!!” teriak Mawar, Suplir dan Anggrek serentak. Tapi terlambat! Edelweiss telah dibuang ke dalam tong sampah yang bercampur dengan sampah lainnya.

* * *


Namaku Edelweiss alias Anaphalis javanica. Biasanya aku tumbuh di dataran tinggi atau puncak-puncak gunung. Kali ini aku berada dalam gengaman seorang pemuda bernama Rahman. Ia mengamatiku dari tadi sambil terus berdzikir memuji asma Allah.

“Ya… Rabb yang Maha Kuasa, satu lagi telah Kau tunjukkan kebesaran-Mu. Menciptakan bunga Edelweiss yang tahan layu dan tak lelah diterpa angin, tanpa pemudar dan tanpa kekeringan. Ya… Rabb, seperti ini jugakah semangat saudara-saudaraku di Palestina dalam menghadapi serangan Yahudi demi merebut kembali hak mereka atas Masjid Al-Aqsa? Ya… Allah, kuatkan hati-hati kami untuk merebut itu semua” lirih suara Rahman menyejukan hatiku.

Aku hanya tumbuhan tanpa nyawa tapi aku merasakan betapa ia seorang pemuda yang ‘berhasil’ mengenali alamnya dan terus berdzikir melihat ke-Esaan penciptanya. Aku Edelweiss tersenyum bahagia dalam genggamannya.


By : Naqiyyah Syam (Lingkar pena)

Alhamdulillah, Muslim Derby Bakal Punya Masjid Baru

Jumat, 16 Maret 2012 16:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DERBY--Sebuah mesjid berkapasitas 600 orang dengan menara yang menjulang 21 meter ke langit akan dibangun di Derby. Komite perencanaan Dewan Kota Derby telah menyetujui rencana pembangunan itu.Bagi kubu anti rencana pembangunan Masjid, pembangunan itu 'menghancurkan'. Namun, bagi komunitas Muslim kabar itu merupakan anugerah dari Allah SWT.

Ketua Komite Perencanaan Robin Wood mengatakan masjid akan mempercantik penampilan kota Derby. Menurutnya dari lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan Masjid, yakni Mill Hill Lane, Renal Street akan memperbaiki penampilan kawasan itu yang kotor akan sampah. "Kehadiran Masjid akan memperbaiki pemandangan yang rusak karena sampah berserakan," kata dia seperti dikutip derbytelegraph.co.uk, Jum'at (16/3).

Di Weston, juru bicara kelompok anti rencana pembangunan Masjid mengatakan pembangunan itu justru menghancurkan terlalu banyak bangunan, dan akan mendominasi seluruh wilayah."Bayangkan saja, jalan-jalan akan penuh dengan orang yang menggunakan masjid," kata juru bicara itu.

Seperti diberitakan, komunitas Muslim Derby secara konsiten terus melakukan pendekatan kepada masyarakat lokal prihal kehadiran mereka. Sejumlah langkah dilakukan, salah satunya para ulama mengunjungi sekolah-sekolah umum guna menyuarakan saling pengertian dan toleransi antar umat beragama.

Langkah itu mendapat apresiasi positif dari warga Derby. Sebab, warga lokal beranggapan pada dasarnya masalah moral dan budi pekerti pada setiap ajaran agama adalah sama.

Tradisi Musik dalam Islam

Minggu, 18 Maret 2012 04:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Sejak dulu, masyarakat Arab menghargai kemampuan bahasa seseorang, karena kemampuan itu akan menunjukkan kualitas bicara orang tersebut. Penghargaan yang tinggi pada kemampuan inilah yang kemudian menyebabkan berkembangnya seni dan literatur di dunia Arab. Jadi, sebelum Islam, puisi dan musik memang telah berkembang sejak lama di dalam tradisi Arab.
Terbukti pada masa pra Islam, orang-orang Arab kerap menghabiskan waktu untuk mendengarkan puisi dan musik. Keduanya, puisi dan musik, memang sangat berhubungan. Komposisi puisi tak akan berjalan dengan baik tanpa pola musikal dalam setiap baitnya. Sedangkan musik atau lagu merupakan bentuk bebas dari puisi. Musik pun kemudian berkembang pula pada masa Islam, yang tentunya disesuaikan dengan aturan Islam.
Dalam catatan sejarah, khususnya, Kitab Al-Aghani yang ditulis sekitar abad kesepuluh, oleh Al-Isfahani (897-967), dinyatakan bahwa selama penyebaran Islam di wilayah Arabia, Persia, Turki, dan India musik berkembang pesat. Kemudian terbawa sampai masa-masa awal kekhalifahan Islam dan mencapai puncaknya pada masa kekhalifahan Abbasiyah.
Selama tahun-tahun pertama kekhalifahan Muslim, telah bermunculan musisi-musisi Islam ternama, di antaranya adalah Sa'ib Khathir (683), Tuwais (710), dan Ibn Mijjah (705-714). Kaum Muslim juga menerjemahkan sejumlah karya musik dari musisi Yunani, khususnya, pada saat masa kekhalifahan Al-Ma'mun yang merupakan bagian dari proyek Bait Al-Hikma. Proyek ini merupakan upaya untuk menerjemahkan karya-karya ilmuwan luar, khususnya Yunani.
Penerjemahaman itu dilakukan atas karya-karya Aristoxenos, Aristoteles, Euclid, Ptolemy, dan Nikomachos. Lalu karya musik tersebut diperbaharui dan disesuaikan dengan aturan Islam agar tak bersifat sekuler dan menyerupai praktik-praktik dalam penyembahan berhala. Perkembangan yang terjadi pada masa Abbasiyah juga merupakan warisan pemikiran dari cendekiawan-cendekiawan Muslim terdahulu.
Sebelum masa kekhalifahan Abbasiyah, musik dianggap sebagai cabang dari filsafat dan matematika. Tak heran jika kemudian Al Kindi, filosfof dan ahli matematika ternama, memiliki pengatahuan yang luas pula tentang musik. Makanya ia dianggap sebagai orang pertama yang meletakkan dasar teori musik. Ia membicarakan tentang konotasi kosmologikal musik.
Al Kindi juga dikenal sebagai orang yang pertama kali merealisasikan apa yang kemudian disebut sebagai terapi musik. Ini terbukti dengan upaya Al Kindi menggunakan terapi musik untuk menyembuhkan penyakit. Dalam bidang musik, ia meninggalkan 15 karyanya. Namun dari ke-15 karya itu, hanya 5 karyanya tentang musik yang masih ada. Kata 'musik' -- diambil dari kata musiq -- juga pertama kali dikenalkan olehnya dengan menjadikannya judul salah satu kitabnya.
Apa yang dilakukan oleh Al Kindi, kemudian diikuti pula oleh penerusnya, yaitu Al Farabi (870-950). Ia yang hidup di istana Saif al-Dawla Al- Hamdani di Aleppo, juga dikenal sebagai orang yang mencintai puisi dan musik yang membuatnya mengembangkan kemampuan musikal dan meletakkan dasar-dasar teori musik.
Definisinya tentang kekuatan musik menunjukkan kedalaman pemahamannya tentang musik. Ia menyatakan bahwa suara binatang mengekspresikan emosi mereka baik dalam kegembiraan maupun kesedihan. Sedangkan suara manusia mengungkapkan perasaan yang lebih beragam. Dengan suara yang mengekspresikan keberagaman itulah membuat orang lain merasa kasihan maupun simpati.
Tak heran jika kemudian Al Farabi mampu membuat orang tertawa, menangis, atau tertidur ketika ia memainkan musik. Ia pun ditengarai sebagai penemu alat musik rebab dan qanun. Seperti pendahulunya, Al-Farabi juga menulis lima buku, salah satu karyanya yang berjudul Kitabu al-Musiqa to al-Kabir merupakan karya fenomenal tentang teori musik dalam Islam.
Dalam bukunya ini, ia memperkenalkan berbagai sistem pitch. Pengaruh karya Al Farabi berlangssung hingga abad keenam belas. Kitab Al-Musiqi karyanya kemudian diterjemahkan oleh Ibn Aqnin (1160-1226) ke dalam bahasa Ibrani sedangkan terjemahan dalam bahasa Latin diberi judul De Scientiis dan De Ortu Scientiarum.
Selain kedua filosof yang juga ahli musik di atas, kita pun tak dapat mengabaikan keberadaan Ibn Sina, sang dokter, yang juga menelurkan karya yang memiliki banyak bagian yang menjelaskan tentang musik di antaranya adalah al-Shifi dan al-Najat. Ada pula kelompok kajian yang disebut dengan Ikhwan Al-Safaa', dengan pendekatan mistikal dan sufistiknya mereka telah membawa musik ke dalam dimensinya yang baru.
Mereka menjadikan musik sebagai media kontemplasi yang membantu baik tubuh maupun jiwa agar selalu mengingat akan eksistensi dan kebesaran Allah. Pandangan ini lebih lanjut dikembangkan oleh Abu Hamid Al-Ghazali yang menyatakan bahwa musik dapat membantu seseorang meningkatkan perasaan religiusnya dan mengalami pengalaman mistik. Ia menerangkan hal ihwal musik di dalam karya-karyanya.
Di antaranya dalam buku Ihya Ulum Al-Din dan Kitabul Adab al-Sami al-Uae'dh, yang menjelaskan tentang penggunaan musik dan lagu dalam kehidupan spiritual. Ada pula sufi terkenal bernama Jalaludin Rumi yang menyatakan bahwa musik merupakan sarana untuk mencapai penyatuan mistik dengan Tuhan. Ia bahkan memadukan musik dengan tari untuk mencapai pengalaman spiritual.

Asrinya Jalur Pedestrian di Singapura

Rivki - detikNews
Minggu, 18/03/2012 04:28 WIB
  
Jalur pedestrian di Singapura (detikcom/Rivki)
Singapura, Berbeda seperti di Jakarta, jalur pedestrian di Singapura sungguh memanjakan para pejalan kaki. Bunga-bunga dan jalur yang lebar, membuat para pejalan kaki rela melangkah jauh karena kenyamanannya.

Bagaimana tidak, jalur pedestrian yang berada di negara bekas jajahan Inggris ini sangatlah tertib. Tidak ada warung kaki lima yang menutup hak para pejalan kaki ini. Tidak seperti di Jakarta yang hampir setiap trotoar ditutup oleh para pedagang kaki lima sehingga membuat pengguna jalan harus melintas di bahu jalan raya.

Jika di Jakarta, sebagian trotoar ditutup untuk parkir mobil dan motor, pemandangan seperti itu tidak akan Anda temukan di negara ini. Bagi yang nekat memarkir kendaraan di trotoar, maka siap-siaplah mengeluarkan kocek ribuan dollar Singapura untuk membayar denda.

Para perokok di negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini juga diatur. Perokok tidak bisa menghisap kreteknya di sembarang tempat, mereka harus mencari tempat sampah untuk membuang abu dan puntungnya.

Pemandangan seperti ini tidak hanya ditemukan di jalan utama seperti Orchard Road. Di daerah pemukiman seperti Java Road, Telok Ayer, Sembawang dan beberapa daerah lainnya juga menyajikan jalur pedestrian yang asri.

Riana, turis asal Indonesia mengakui kenyamanan jalur pedestrian di Singapura. Ia mengatakan, pohon-pohon rindang yang berada di pinggir trotoar membuat dirinya rela melangkah jauh.

"Belum lagi di Jakarta saya harus rela diklakson pengendara motor, padahal saya jalan di trotoar," keluh Riana saat berbincang dengan detikcom di Orchard Road, Singapura, Minggu (17/3/2012).

Tiap melintas sejauh 50 meter hingga 100 meter, disediakan tong sampah. Wajar jika jalur pedestrian di Singapura sangatlah asri dan menawan, sukar sekali menemukan sampah di pinggir trotoar.

"Seandainya Jakarta seperti ini, mungkin saya rela tidak menggunakan kendaraan pribadi," harap Riana.

(rvk/nvc)

Masjid di Prancis Diserang, Satu Jamaah Tewas

Sabtu, 17 Maret 2012 12:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, ARRAS - Satu orang tewas dalam insiden penyerangan di Masjid An-Nur di Kota Arras, Prancis bagian utara. Dua orang lain dilaporkan luka-luka dalam insiden tersebut.

Peristiwa bermula ketika sejumlah orang baru saja selesai melakukan shalat Ashar berjamaah di masjid itu. Tiba-tiba seorang laki-laki masuk ke dalam masjid membawa sebatang tongkat bisbol. Laki-laki yang belakangan bernama depan Seddik itu lantas memukuli para jamaah.

"Komunitas Muslim di seluruh dunia terguncang dengan apa yang terjadi di Arras. Kami semua ikut berbela sungkawa pada korban dan keluarganya," kata Imam Masjid utama di Paris, Abdelkader Aoussedj seperti dilansir Aljazeera, Jumat (16/3).

Pelaku pemukulan seketika dibekuk aparat kepolisian setempat. Pelaku diduga memiliki gangguan kejiwaan. Jaksa Denis Robin mengatakan, pelaku adalah anggota salah satu komunitas muslim di Arras. "Pelaku adalah orang yang cukup dikenal di kalangan jamaah masjid," ujarnya.

Kasus penyerangan semacam ini tergolong jarang terjadi di Prancis yang merupakan rumah bagi komunitas Muslim terbesar di Eropa Barat. Sedikitnya terdapat 5 juta warga Muslim di negeri itu.

Hikmah: Cucian Tetangga

Bismillahirrohmaanirrohiim

:::.. CUCIAN TETANGGA ..:::

Pasangan muda yang baru menikah menempati rumah di sebuah komplek perumahan.

Suatu pagi, sewaktu sarapan, si istri melalui jendela kaca. Ia melihat tetangganya sedang menjemur kain.

"Cuciannya kelihatan kurang bersih ya", kata sang istri.
"Sepertinya dia tidak tahu cara mencuci pakaian dengan benar.
... Mungkin dia perlu sabun cuci yang lebih bagus."

Suaminya menoleh, tetapi hanya diam dan tidak memberi komentar apapun.

Sejak hari itu setiap tetangganya menjemur pakaian, selalu saja sang istri memberikan komentar yang sama tentang kurang bersihnya si tetangga mencuci pakaiannya.

Seminggu berlalu, sang istri heran melihat pakaian-pakaian yang dijemur tetangganya terlihat cemerlang dan bersih, dan dia berseru kepada suaminya:

"Lihat, sepertinya dia telah belajar bagaimana mencuci dengan benar. Siapa ya kira-kira yang sudah mengajarinya? "

Sang suami berkata, "Saya bangun pagi-pagi sekali hari ini dan membersihkan jendela kaca kita."

Dan begitulah kehidupan.
Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung kepada kejernihan pikiran (jendela) lewat mana kita memandangnya..

Jika HATI kita bersih, maka bersih pula PIKIRAN kita.

Jika PIKIRAN kita bersih, maka bersih pula PERKATAAN kita.

Jika PERKATAAN kita bersih (baik), maka bersih (baik) pula PERBUATAN kita.

Hati, pikiran, perkataan dan perbuatan kita mencerminkan hidup kita.

Jika ingin hidup kita berkembang, maju, dan sukses (bersih/baik) Maka kita hrs menjaga hati, pkiran, perkataan dan Perbuatan kita tetap baik. Karena itulah segalanya.

HATI menentukan PIKIRAN..

PIKIRAN menentukan PERKATAAN & PERBUATAN

by Nando El Ashlad ^_^

Kamis, 08 Maret 2012

Kesehatan: Ciuman yang Sehat Bikin Tubuh Bugar

Ciuman yang Sehat Bikin Tubuh Bugar

Adelia Ratnadita - detikHealth
 

Jakarta, Ciuman dengan pasangan resmi ternyata bukan hanya kegiatan yang menyenangkan. Karena para peneliti mengungkapkan bahwa ciuman juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kira-kira apa saja manfaat kesehatan dari ciuman?

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari ciuman menurut para ahli seperti dikutip dari HealthArticles, Kamis (8/3/2012) antara lain:

1. Membantu mencegah kerusakan gigi
"Setelah makan, mulut biasanya penuh dengan larutan gula dan air liur (saliva) menjadi lebih asam, sehingga menyebabkan pembentukan plak. Ciuman adalah proses pembersihan secara alami. Ciuman dapat merangsang aliran air liur dan membawa tingkat plak dalam nilai normal," kata Dr Peter Gorden, seorang Dental Advisor dari British Dental Association.

2. Mengurangi ketegangan
"Ciuman yang penuh gairah merupakan teknik relaksasi yang cukup efektif. Saat berciuman pernapasan dapat menjadi lebih dalam dan lebih teratur," kata konsultan stres, Michelle Kay McNabb.

3. Membantu menurunkan berat badan
"Ciuman panjang membuat metabolisme dapat membakar gula lebih cepat dari biasanya. Kalori yang terbakar tergantung pada intensitas, tetapi rata-rata dapat membakar 10 kalori untuk setiap 10 menit ciuman," kata Claire Potter.

4. Memperlambat proses penuaan
"Ciuman dapat membantu mengencangkan otot pipi dan rahang," kata seorang konsultan kebugaran, Claire Potter.

5. Meningkatkan kebugaran
"Jantung dapat berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih baik ketika berciuman. Saat berciuman maka adrenalin akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan jantung memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh," kata Dr Susan Hotchkies.

6. Meningkatkan kepercayaan diri
"Tidak ada yang lebih baik dari ciuman penuh gairah untuk menyebabkan perasaan yang lebih baik. Ketika berciuman dapat menyebabkan perasaan yang lebih baik, maka seseorang juga akan merasa baik mengenai dirinya," kata psikoterapis Paul Zeal.

Senin, 05 Maret 2012

Limbah Rumah Sakit Dijualbelikan untuk Mainan Anak-anak

Putro Agus Harnowo - detikHealth
  


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Limbah-limbah rumah sakit berbeda dengan limbah-limbah rumah tangga. Sebab, limbah dari rumah sakit tidak dipungkiri mengandung zat-zat yang berbahaya seperti kuman infeksi.

Seharusnya, limbah-limbah medis seperti alat infus, alat suntik dan sarung tangan harus dimusnahkan setelah digunakan. Namun ternyata, beberapa limbah ini dapat ditemui dan diperjualbelikan sebagai mainan anak-anak. Bahkan, beberapa mainan ini masih terlabel atau tertulis nama pasien yang pernah menggunakannya.

Ditengarai, mainan-mainan dari limbah rumah sakit ini dapat ditemui di Pasar Rebo Jakarta. Untuk menelusuri hal ini, tim dari Kementrian Kesehatan segera melakukan inspeksi ke Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta.

"Kami tidak menemukan adanya penyalahgunaan dalam proses pengolahan limbah rumah sakit ini. Namun, adanya dugaan penyalahgunaan ini tidak dipungkiri mungkin bisa disebabkan kurangnya pengawasan dalam pengelolaan limbah dari rumah sakit," kata dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Direktur Jendral Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan di RS Pasar Rebo Jakarta, Selasa (6/3/2012).

Aturan mengenai pengelolaan limbah ini telah diatur dalan peraturan Kemenkes No. 1204 tahun 2004. Limbah rumah sakit dipisah menjadi dua, yaitu limbah medis yang mengandung peralatan-peralatan terinfeksi dan limbah non medis atau domestik yang tidak mengandung alat yang terinfeksi.

Limbah medis akan dihancurkan dan dimusnahkan dengan alat yang disebut inserinator. Sedangkan limbah domestik dibuang ke bantar gebang. Dalam sehari, RS Pasar Rebo menghasilkan rata-rata limbah medis sebesar 300 kg.

"SOP tentang penanganan limbah ini sudah ada dan kami jalankan. Tapi memang ada banyak orang dan tenaga medis di rumah sakit kami. Ada juga beberapa siswa magang. Bisa jadi pihak-pihak ini kurang menyadari pentingnya penanganan limbah rumah sakit," kata dr. Ahmad Helmi, Sp.OG, Wakil Direktur Pelayanan RS Pasar Rebo.

Ini Dia Nutrisi-nutrisi Pengusir Galau

Merry Wahyuningsih - detikHealth
 


img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Makanan tidak hanya dapat mengenyangkan perut dan memuaskan rasa lapar, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati. Rasa senang, bahagia, sedih dan galau bisa berpengaruh dari apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Makanan tertentu dapat membuat Anda bahagia dan mengusir galau.

Makanan dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang, tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Ada makanan tertentu yang akan menambah positif pikiran, sementara ada pula yang menyebabkan efek sebaliknya.

Makanan yang berasal dari gula dan pati biasanya akan dapat meningkatkan suasana hati karena mampu melepaskan serotonin yang berasal dari triptofan (asam amino). Hormon ini dapat mengurangi depresi.

Berikut 5 makanan yang dapat mengusir perasaan galau dan membuat Anda bahagia, seperti dilansir Geniusbeauty, Selasa (6/3/2012):

1. Ikan melindungi dari depresi
Studi telah menunjukkan bahwa orang yang hidup di negara dengan ikan adalah bagian integral dari diet, memiliki tingkat terendah depresi, gangguan bipolar, depresi pasca-melahirkan dan gangguan afektif musiman.

Hal ini karena ikan banyak mengandung asam lemak omega-3. Studi yang dilakukan pada tahun 2008, menunjukkan bahwa pengobatan depresi dengan minyak ikan bisa sama efektifnya dengan obat Prozacpopuler yang di seluruh dunia.

2. Tomat melawan depresi
Senyawa yang disebut lycopene tidak hanya bertanggung jawab untuk warna merah dari tomat, tetapi juga meningkatkan suasana hati, mencegah pembentukan senyawa peradangan di otak yang berkaitan dengan depresi.

Tomat mengandung zat peningkat mood lain, seperti asam folat, magnesium, besi dan vitamin B6, yang penting untuk produksi zat neurotransmiter otak, seperti serotonin, dopamin dan norepinefrin.

3. Buah bit merah sebagai antidepresan
Buah bit adalah sumber vitamin B, yang dibutuhkan oleh otak untuk fungsi yang baik dari memori, humor yang baik, kemampuan untuk dengan cepat menemukan informasi dan memprosesnya. Buah bit juga mengandung betaine, suatu senyawa yang otak gunakan untuk membuat antidepresan alami.

4. Cabai dan bawang putih yang memproduksi endorfin
Cabai menghasilkan panas karena capsaicin yang terkandung di dalamnya. Dengan reaksi lemak molekul dalam darah, otak memproduksi endorfin (senyawa alami yang memiliki efek menenangkan).

Selain itu, bawang putih juga mengandung sejumlah besar kromium, yang mempengaruhi regulasi serotonin, yang dikenal sebagai zat kimia 'bahagia'.

5. Madu memberikan tenaga
Berbeda dengan gula yang tidak berguna dan bahkan berbahaya, madu mengandung vitamin B, asam folat, zat besi, mangan dan 181 senyawa biologis aktif yang berbeda, seperti quercetin dan asam caffeic, yang dapat meningkatkan produksi energi di otak.